HAND-OUT
1
A. Tugas individu
1.
pengertian
penelitian menurut buku “metode penelitian” (Azwar, 1997), penelitian merupakan
rangkaian kegiatan ilmiah dalam rangka pemecahan suatu permasalahan. Menurut
buku “Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D” (Sugiono, 1989), penelitian adalah cara untuk
memperoleh data dengan cara pembuktian. Sedangkan menurut buku “Prosedur
penelitian” (Arikunto, cetakan kelima belas 2013), penelitian adalah kegiatan
monopoli para ahli.
2.
Kata kunci
a.
Kegiatan ilmiah
b.
Cara memperoleh
data
c.
Kegiatan
monopoli ahli
3.
Definisi
penelitian menurut saya adalah proses kegiatan yang di lakukan seseorang untuk
memperoleh data dengan mencari tahu dari berbagai sumber dan dilakukan
pembuktian.
1. karakteristik penelitian
a. Menurut (Azwar, 1997), karakteristik penelitian yaitu
(a)bertujuan, (b)sistematik, (c)terkendali, (d)objektif, dan tahan uji (verifiable).
b. Menurut (Arikunto, cetakan kelima belas 2013),
penelitian dilakukan hanya untuk mengetahui kondisi yang ada tanpa melakukan
perubahan, penambahan atau manipulasi.
c. Menurut (Sugiono,
1989), penelitian merupakan penemuan, pembuktian dan pengembangan.
B. Tugas Kelompok
1.
cara ilmiah, data, tujuan, kegunaan, sistematis, bersifat abstrak
atau kongkret, kegiatan ilmiah, cara memperoleh data, kegiatan monopoli ahli. Dari
kata kunci tersebut saya mendefinisikan bahwa penelitian adalah suatu kegiatan
ilmiah atau cara ilmiah untuk memperoleh data yang dalam prosesnya terdapat
tujuan dan memiliki kegunaan dan di lakukan secara sistematis dan bersifat
abstrak atau kongkret .
2. kesimpulan dari karakteristik penelitian menurut berbagai sumber
yaitu memiliki tujuan, sistematik, terkendali, objektif, tahan uji, dilakukan
hanya untuk mengetahui suatu kondisi, empiric dan logis.
3. alasan konselor harus meneliti, adalah dengan melakukan suatu
penelitian konselor dapat mengetahui suatu kenyataan atau mendapat kebenaran
dari apa yang terjadi pada konseli.
HAND-OUT
2
Tugas Individu
Perbedaan kegiatan
ilmiah dan non ilmiah dari sumber shaufnessy & Zechmeister (1997) research
in psychology
ASPEK PERBEDAAN
|
ILMIAH
|
NON ILMIAH
|
Pendekatan masalah
|
Empiris
|
Intuitif
|
Konsep teori
|
Definisi jelas
|
Ambigu
|
Hipotesis
|
Dapat di buktikan
|
Tidak dapat di buktikan
|
Observasi gejala
|
Terkontrol, sistematis
|
Tidak seadanya
|
Alat ukur
|
Tidak akura,t tepat, sesuai
|
Tidak akurast, tepat, tidak sesuai
|
Kontrol
|
Selalu di lakukan
|
Tidak ada
|
Laporan
|
objektif
|
subjektif
|
Variabel
|
Mencari hubungan antar variable Secara
otomatis
|
Menghubungkan Secara terburu-buru
|
Sifat
|
Dapat diulang
|
Tidak dapat diulang
|
Tugas Kelompok
1. persamaan
- sistematis
- rasional
- empiris
Perbedaan : kontrol
2. kesimpulan dari
perbedaan kegiatan ilmiah dan non ilmiah adalah control yaitu dalam kegiatan
ilmiah, control selalu di lakukan untuk memperoleh data yang benar-benar valid
sedangkan dalam kegiatan non ilmiah data tidak ada control sehingga bisa
terjadi suatu kesalahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar